AGAM
(ACEH - INSTAGRAM) : PROMOSI PARIWISATA ACEH SINGKIL MELALUI INSTAGRAM DALAM
BINGKAI EKONOMI
KREATIF
A. PENDAHULUAN
Perkembangan ekonomi kreatif bermula muncul pertama
kali di inggris. John Howkins (2001) menulis buku Creative Economy, How People
Make Money from Ideas. John Howkins adalah seorang yang berkebangsaan Inggris
yang memiliki multiprofesi. Di samping sebagai pembuat film, ia juga aktif
menyuarakan ekonomi kreatif kepada pemerintahan Inggris. John Howkins
mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai ekonomi yang menjadikan kreativitas,
budaya, warisan budaya, dan lingkungan sebagai tumpuan masa depan (Kompasiana,
2011). Dalam beberapa tahun terakhir kita mendengar istilah baru yang disebut
ekonomi kreatif yang semakin digencar oleh pemerintah guna meningkatkan
pertumbuhan ekonomi nasional hinga kebijakan ekonomi kreatif perlahan
berinovasi menjadi industri kreatif. Pada 2008 industri kreatif diyakini
sebagai solusi mengatasi pengangguran di tengah ancaman PHK akibat krisis
global. Puncaknya pemerintah Indonesia mencanangkan tahun industri kreatif
2009-2015.
Pemerintah Indonesia, melalui Perpres No.8 Tahun 2008,
menetapkan 14 sub sektor industri kreatif, yaitu periklanan, arsitektur, pasar
barang seni, kerajinan, desain, fashion, video/film/animasi/fotografi, game,
musik, seni pertunjukan, penerbitan/percetakan, software, televisi/ radio, dan
riset & pengembangan (Serambi, 2014). Keseriusan pemerintah untuk
mengangkat industri kreatif dibuktikan dengan membentuk Badan Ekonomi Kreatif
(BEKRAF) melalui Peraturan Presiden Republik
Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Badan Ekonomi Kreatif. Badan ekonomi
kreatif diharapkan dapat memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
Ekonomi berbasis kreativitas dan inovasi diharapkan menjadi kekuatan baru
ekonomi Indonesia.
Aceh memiliki potensi wisata alam yang merupakan
sebuah anugerah dan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat terlebih di
daerah kabupaten Aceh Singkil yang memiliki pesona wisata bahari yang sangat
cocok untuk berlibur dan mengeksplorasi dunia air yang masih asri. Saat ini,
perkembangan wisata aceh masih dalam proses
pengembangan sebab konflik dan musibah membuat trauma jangka pendek muncul
sehingga kegiatan promosi dan kedatangan wisatawan menurun baik dari wisatawan
dalam negeri dan mancanegara. Pemerintah Aceh selalu berupaya untuk menjadikan
sektor wisata menjadi senjata andalan untuk meningkatkan ekonomi kreatif
provinsi Aceh, tentunya berkembangnya pariwisata disuatu daerah dapat dirasakan
berbagai manfaat antara lain manfaat dibidang ekonomi dan yang mensejahterakan
rakyat.
B.
ISI
Konsep
ekonomi kreatif dan industri kreatif merupakan satu-kesatuan konsep yang saling
berhubungan dan mendukung satu sama lain. Pemanfaatan kemampuan ide/gagasan
berdasarkan kreativitas sumber daya manusia yang dimanfaatkan untuk dijadikan
sebagai suatu aktivitas positif dan menghasilkan suatu karya atau produk yang
bernilai. Era globalisasi membuat berbagai hal mudah untuk dijangkau dengan
memanfaatkan teknologi, sehingga hal yang dirasa jauh akan terasa dekat.
Pemanfaatan teknologi diadopsi untuk memudahkan manusia dalam melakukan
berbagai aktivitas terutama dalam konsep komunikasi dan informasi dalam bentuk smartphone yang sudah menjadi sebuah
tren dikalangan masyarakat.
Berbagai model aplikasi
dalam sebuah smartphone terutama yang
berfungsi sebagai jejaring sosial atau media sosial membuat setiap orang
terhubung, berinterkasi, bersosialisasi dan bergabung dalam sebuah komunitas.
Hal-hal tersebut merupakan pengganti terhadap komunitas online. Aplikasi sosial
media tersebut menjangkau beragam kebutuhan yang luas termasuk hubungan sosial
biasa dan hubungan profesional, produk atau servis , hobi, berita, hiburan dan
kencan. Beragam jenis aplikasi media sosial atau rekaman penyimpanan
memfasilitas jutaan pengguna yang ingin melakukan publikasi dokumen tentang
kehidupan mereka pada sebuah format multimedia. (Irbah et al., 2010: 2).
1.
Strategi
Promosi
Sosial media (Sosmed) kerap dijadikan suatu alat untuk melakukan
strategi komunikasi khususnya untuk melakukan promosi. Contohnya strategi komunikasi
pemasaran di media sosial yaitu twitter, instagram, youtube, facebook.
Setiap sosial media memiliki kegunaan dan
karakteristiknya masing-masing. Instagram memiliki keunggulan membagi foto dan
video secara aktif dengan menggunakan hashtag dan menjadi suatu branding dalam sebuah promosi suatu
produk, wisata, dan event-event.
Penggunaan sosial media sebagai media promosi salah satunya dimanfaatkan oleh
pegiat travel untuk menunjukkan
eksistensi terhadap situs wisata yang belum banyak diketahui. Saat ini,
akun-akun instagram yang menjadi media promosi wisata menjadi sasaran para
pengguna instagram untuk mencari referensi
liburan disaat weekend tiba.
Provinsi
Aceh terletak diujung pulau Sumatera dan dikelilingi lautan memiliki banyak
kawasan wisata bahari. Salah satu wisata yang mempunyai daya tarik sendiri
adalah Pulau Banyak Aceh Singkil. Pulau Banyak merupakan
tempat tujuan wisata bahari yang ideal, memiliki laut yang cukup luas dan
pantai yang panjang dan indah dengan pasir putihnya. Pulau Banyak juga terkenal
dengan taman bawah laut, berbagai macam ikan hias dan terumbu karang dijumpai
disini. (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, 2012). Potensi pariwisata Aceh
Singkil kurang mampu diserap dengan baik oleh pemerintah, sehingga Pendapat
Asli Daerah (PAD) yang saat ini berkisar di angka Rp 30 miliar hanya mampu
diserap berkisar Rp 350 Juta per tahun. Padahal, jika dikelola dengan baik
potensi pariwisata dapat menjadi keuntungan bagi masyarakat dengan memperkerjakan
banyak orang dan membuka usaha-usaha jajanan khas daerah serta pernak-pernik
Aceh Singkil (AJJNNNet, 2016).
Berdasarkan data potensi
PAD yang sangat besar, tentu perlu dilakukan tindakan-tindakan yang terencana
melalui kegiatan promosi pariwisata. Pemanfaatan sosmed merupakan salah satu
strategi jitu untuk melakukan promosi pariwisata, promosi yang bersifat praktis
(mudah dijangkau pengguna sosmed) dan ekonomis karena tidak memerlukan banyak
biaya dalam kegiatan promosinya. Hal yang terpenting dari strategi jitu ini
adalah perlunya inovasi dan kreativitas untuk melakukan pengambilan foto dan
video di setiap sudut pantai ataupun pulau yang dijadikan target promosi
melalui keahlian pengolahan (editing)
gambar/video agar menjadi dramatis layaknya sebuah iklan. Namun, beberapa
kendala yang dihadapi strategi jitu memerlukan perlatan yang memadai guna memperoleh
kualitas foto dan video yang bagus seperti drone,
kamera, laptop/komputer, dan perangkat lunak penyunting foto dan video. Banyak
potensi lokasi wisata di Aceh Singkil yang belum terekspos, maka perlu
dilakukan peremajaan sarana dan prasarana yang diiringi dengan promosi
besar-besaran melalui publikasi sosial media instagram.
Peranan pemerintah
diharapkan mampu mendukung strategi jitu tersebut menjadi ledakan PAD sektor
pariwisata bahari dengan inovasi dan kreativitas melalui instagram. Seiring
berkembangnya hobi fotografi dan video
maker, muncul berbagai komunitas-komunitas yang terbentuk melalui kesamaan
hobi tersebut. Komunitas beranggota dari kalangan para pemuda menjadikan
strategi jitu yang direncanakan dapat berjalan
mulus, dikarenakan inovasi dan kreativitas dari kaum pemuda bervariasi dengan menginginkan
kepuasan hasil suatu karya dan mempublikasikan karya melalui sosial media
merupakan target yang sejalan. Pemerintah dapat berkolaborasi dengan
komunitas-komunitas tersebut, memberikan dukungan materil agar terwujudnya
peningkatan perkonomian melalui Pendapatan Asli Daerah. Dampak positif yang
timbul memberikan peluang bagi masyarakat sekitar mendapatkan lapangan kerja
dan membuka usaha.
2.
Pencapaian
Target.
Promosi wisata yang
diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru dan unit usaha bagi masyarakat
dalam sektor pariwisata merupakan hal yang vital guna memberikan fasilitas dan
kenyamanan dalam berwisata. Setiap wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah
atau tujuan wisata memerlukan berbagai kebutuhan selama menikmati liburan
bersama keluarga. Berbagai kebutuhan para wisatawan dalam kenyamanan berwisata
antara lain transportasi, akomodasi, kuliner, pemandu wisata dan oleh-oleh khas
Aceh Singkil.
Berkembangnya pariwisata
juga berpotensi menarik perhatian investor untuk turut andil menjadi bagian
pembangunan ekonomi masyarakat sekitar dengan membangun wisma penginapan,
kuliner seafood, dan juga . Selain itu, pencapaian target dalam konteks
ekonomi kreatif dimaksudkan dengan memaksimalkan Perpres no. 8 Tahun 2008
menjadi industri kreatif agar kemandirian ekonomi
masyarakat Aceh Singkil meningkat terutama sektor pariwisata. Tidak dapat
dipungkiri dampak strategi jitu memalui sosial media instagram yang diharapkan
mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi memajukan daerah
melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD).
C.
PENUTUP
Instagram merupkan
aplikasi praktis yang memiliki fitur menarik untuk mempublikasikan foto/video
yang sangat cocok untuk digunakan untuk promosi wisata. Sebagai media promosi,
perlu dilakukan strategi untuk mencapai target yang diinginkan dengan bekerja
sama antara pemerintah dan komunitas instagram perlu ditingkatakan. Promosi
pariwisata Aceh singkil melalui instagram adalah ide cemerlang untuk
memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Aceh Singkil yang masih dibawah
rata-rata. . Penerapan strategi promosi ini diharapkan dapat dilaksanakan oleh
pemerintah untuk meningkatkan ekonomi daerah, mengurangi kemiskinan dan
pengangguran, serta merangsang inovasi,
kreativitas dan berpengaruh pada kaum muda di Indonesia, khususnya Aceh
Singkil.
Daftar Pustaka
Kompasiana. 2011.
Opini : Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal. http://www.kompasiana.com/economist-suweca.blogspot.com/ekonomi-kreatif-berbasis-budaya-lokal_5509e126a333111a5c2e3b3d. Diakses tanggal : 30 Maret 2017
Serambi. 2014.
Opini 2014 : Mendorong Industri Kreatif.
http://aceh.tribunnews.com/2014/02/17/mendorong-industri-kreatif. Diakses
tanggal 29 Maret 2017
Irbah, H., Y.R.
Putri dan D.S. Fithrah. 2010. Strategi Komunikasi Penggunaan Media Sosial
Sebagai Media Promosi Band Indie Mustache And Beard. Jurnal Eproc : 2.
Dinas
Pariwisata dan Olahraga Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil. 2012. Aceh
Singkil Dalam Angka : 271 .
AJNNNet. 2016. Portal Berita : Pemkab Aceh Singkil
Dilupa Tuding Potensi Daerah. https://www.ajnn.net/news/pemkab-aceh-singkil-dituding-lupa-potensi-daerah/index.html.
Diakses tanggal : 31 Maret 2017
PERHATIAN KEPADA PARA PEMBACA BAHWA TULISAN INI HANYA BISA DIJADIKAN REFERENSI DAN RUJUKAN DAN JANGAN DIJADIKAN BAHAN PLAGIAT DALAM TULISAN ANDA. BERKARYALAH DENGAN BIJAK!!!!!
Tulisan ini merupakan hasil dari:
Karya Tulis Essay Juara 1 Kompetisi HUT 9 GenSikureung Agroteknologi USK
Tahun 2017
TEMA UMUM: EKONOMI KREATIF DAN EKONOMI MANDIRI
TEMA KHUSUS: PEMBANGUNAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENJAWAB PEMBANGUNAN ACEH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar