11 Agustus 2018

PROMOSI PARIWISATA ACEH SINGKIL MELALUI INSTAGRAM DALAM BINGKAI EKONOMI KREATIF

AGAM (ACEH - INSTAGRAM) : PROMOSI PARIWISATA ACEH SINGKIL MELALUI INSTAGRAM DALAM BINGKAI EKONOMI KREATIF

Oleh: Wahyu Aulia, S.TP 

A.  PENDAHULUAN
Perkembangan ekonomi kreatif bermula muncul pertama kali di inggris. John Howkins (2001) menulis buku Creative Economy, How People Make Money from Ideas. John Howkins adalah seorang yang berkebangsaan Inggris yang memiliki multiprofesi. Di samping sebagai pembuat film, ia juga aktif menyuarakan ekonomi kreatif kepada pemerintahan Inggris. John Howkins mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai ekonomi yang menjadikan kreativitas, budaya, warisan budaya, dan lingkungan sebagai tumpuan masa depan (Kompasiana, 2011). Dalam beberapa tahun terakhir kita mendengar istilah baru yang disebut ekonomi kreatif yang semakin digencar oleh pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional hinga kebijakan ekonomi kreatif perlahan berinovasi menjadi industri kreatif. Pada 2008 industri kreatif diyakini sebagai solusi mengatasi pengangguran di tengah ancaman PHK akibat krisis global. Puncaknya pemerintah Indonesia mencanangkan tahun industri kreatif 2009-2015.
Pemerintah Indonesia, melalui Perpres No.8 Tahun 2008, menetapkan 14 sub sektor industri kreatif, yaitu periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fashion, video/film/animasi/fotografi, game, musik, seni pertunjukan, penerbitan/percetakan, software, televisi/ radio, dan riset & pengembangan (Serambi, 2014). Keseriusan pemerintah untuk mengangkat industri kreatif dibuktikan dengan membentuk Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Badan Ekonomi Kreatif. Badan ekonomi kreatif diharapkan dapat memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Ekonomi berbasis kreativitas dan inovasi diharapkan menjadi kekuatan baru ekonomi Indonesia.
Aceh  memiliki potensi wisata alam yang merupakan sebuah anugerah dan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat terlebih di daerah kabupaten Aceh Singkil yang memiliki pesona wisata bahari yang sangat cocok untuk berlibur dan mengeksplorasi dunia air yang masih asri. Saat ini, perkembangan wisata aceh masih dalam proses pengembangan sebab konflik dan musibah membuat trauma jangka pendek muncul sehingga kegiatan promosi dan kedatangan wisatawan menurun baik dari wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Pemerintah Aceh selalu berupaya untuk menjadikan sektor wisata menjadi senjata andalan untuk meningkatkan ekonomi kreatif provinsi Aceh, tentunya berkembangnya pariwisata disuatu daerah dapat dirasakan berbagai manfaat antara lain manfaat dibidang ekonomi dan yang mensejahterakan rakyat.

B.  ISI
       Konsep ekonomi kreatif dan industri kreatif merupakan satu-kesatuan konsep yang saling berhubungan dan mendukung satu sama lain. Pemanfaatan kemampuan ide/gagasan berdasarkan kreativitas sumber daya manusia yang dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai suatu aktivitas positif dan menghasilkan suatu karya atau produk yang bernilai. Era globalisasi membuat berbagai hal mudah untuk dijangkau dengan memanfaatkan teknologi, sehingga hal yang dirasa jauh akan terasa dekat. Pemanfaatan teknologi diadopsi untuk memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas terutama dalam konsep komunikasi dan informasi dalam bentuk smartphone yang sudah menjadi sebuah tren dikalangan masyarakat.
Berbagai model aplikasi dalam sebuah smartphone terutama yang berfungsi sebagai jejaring sosial atau media sosial membuat setiap orang terhubung, berinterkasi, bersosialisasi dan bergabung dalam sebuah komunitas. Hal-hal tersebut merupakan pengganti terhadap komunitas online. Aplikasi sosial media tersebut menjangkau beragam kebutuhan yang luas termasuk hubungan sosial biasa dan hubungan profesional, produk atau servis , hobi, berita, hiburan dan kencan. Beragam jenis aplikasi media sosial atau rekaman penyimpanan memfasilitas jutaan pengguna yang ingin melakukan publikasi dokumen tentang kehidupan mereka pada sebuah format multimedia. (Irbah et al., 2010: 2).

1.    Strategi Promosi

      Sosial media (Sosmed) kerap dijadikan suatu alat untuk melakukan strategi komunikasi khususnya untuk melakukan promosi. Contohnya strategi komunikasi pemasaran di media sosial yaitu twitter, instagram, youtube, facebook. Setiap  sosial media memiliki kegunaan dan karakteristiknya masing-masing. Instagram memiliki keunggulan membagi foto dan video secara aktif dengan menggunakan hashtag dan menjadi suatu branding dalam sebuah promosi suatu produk, wisata, dan event-event. Penggunaan sosial media sebagai media promosi salah satunya dimanfaatkan oleh pegiat travel untuk menunjukkan eksistensi terhadap situs wisata yang belum banyak diketahui. Saat ini, akun-akun instagram yang menjadi media promosi wisata menjadi sasaran para pengguna instagram untuk mencari referensi liburan disaat weekend tiba.

Provinsi Aceh terletak diujung pulau Sumatera dan dikelilingi lautan memiliki banyak kawasan wisata bahari. Salah satu wisata yang mempunyai daya tarik sendiri adalah Pulau Banyak Aceh Singkil. Pulau Banyak merupakan tempat tujuan wisata bahari yang ideal, memiliki laut yang cukup luas dan pantai yang panjang dan indah dengan pasir putihnya. Pulau Banyak juga terkenal dengan taman bawah laut, berbagai macam ikan hias dan terumbu karang dijumpai disini. (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, 2012). Potensi pariwisata Aceh Singkil kurang mampu diserap dengan baik oleh pemerintah, sehingga Pendapat Asli Daerah (PAD) yang saat ini berkisar di angka Rp 30 miliar hanya mampu diserap berkisar Rp 350 Juta per tahun. Padahal, jika dikelola dengan baik potensi pariwisata dapat menjadi keuntungan bagi masyarakat dengan memperkerjakan banyak orang dan membuka usaha-usaha jajanan khas daerah serta pernak-pernik Aceh Singkil (AJJNNNet, 2016).
Berdasarkan data potensi PAD yang sangat besar, tentu perlu dilakukan tindakan-tindakan yang terencana melalui kegiatan promosi pariwisata. Pemanfaatan sosmed merupakan salah satu strategi jitu untuk melakukan promosi pariwisata, promosi yang bersifat praktis (mudah dijangkau pengguna sosmed) dan ekonomis karena tidak memerlukan banyak biaya dalam kegiatan promosinya. Hal yang terpenting dari strategi jitu ini adalah perlunya inovasi dan kreativitas untuk melakukan pengambilan foto dan video di setiap sudut pantai ataupun pulau yang dijadikan target promosi melalui keahlian pengolahan (editing) gambar/video agar menjadi dramatis layaknya sebuah iklan. Namun, beberapa kendala yang dihadapi strategi jitu memerlukan perlatan yang memadai guna memperoleh kualitas foto dan video yang bagus seperti drone, kamera, laptop/komputer, dan perangkat lunak penyunting foto dan video. Banyak potensi lokasi wisata di Aceh Singkil yang belum terekspos, maka perlu dilakukan peremajaan sarana dan prasarana yang diiringi dengan promosi besar-besaran melalui publikasi sosial media instagram.
Peranan pemerintah diharapkan mampu mendukung strategi jitu tersebut menjadi ledakan PAD sektor pariwisata bahari dengan inovasi dan kreativitas melalui instagram. Seiring berkembangnya hobi fotografi dan video maker, muncul berbagai komunitas-komunitas yang terbentuk melalui kesamaan hobi tersebut. Komunitas beranggota dari kalangan para pemuda menjadikan strategi jitu yang direncanakan  dapat berjalan mulus, dikarenakan inovasi dan kreativitas dari kaum pemuda bervariasi dengan menginginkan kepuasan hasil suatu karya dan mempublikasikan karya melalui sosial media merupakan target yang sejalan. Pemerintah dapat berkolaborasi dengan komunitas-komunitas tersebut, memberikan dukungan materil agar terwujudnya peningkatan perkonomian melalui Pendapatan Asli Daerah. Dampak positif yang timbul memberikan peluang bagi masyarakat sekitar mendapatkan lapangan kerja dan membuka usaha.

2.    Pencapaian Target.
Promosi wisata yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru dan unit usaha bagi masyarakat dalam sektor pariwisata merupakan hal yang vital guna memberikan fasilitas dan kenyamanan dalam berwisata. Setiap wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah atau tujuan wisata memerlukan berbagai kebutuhan selama menikmati liburan bersama keluarga. Berbagai kebutuhan para wisatawan dalam kenyamanan berwisata antara lain transportasi, akomodasi, kuliner, pemandu wisata dan oleh-oleh khas Aceh Singkil. 
Berkembangnya pariwisata juga berpotensi menarik perhatian investor untuk turut andil menjadi bagian pembangunan ekonomi masyarakat sekitar dengan membangun wisma penginapan, kuliner seafood, dan juga  . Selain itu, pencapaian target dalam konteks ekonomi kreatif dimaksudkan dengan memaksimalkan Perpres no. 8 Tahun 2008 menjadi industri kreatif agar kemandirian ekonomi masyarakat Aceh Singkil meningkat terutama sektor pariwisata. Tidak dapat dipungkiri dampak strategi jitu memalui sosial media instagram yang diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi memajukan daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD).

C.  PENUTUP
Instagram merupkan aplikasi praktis yang memiliki fitur menarik untuk mempublikasikan foto/video yang sangat cocok untuk digunakan untuk promosi wisata. Sebagai media promosi, perlu dilakukan strategi untuk mencapai target yang diinginkan dengan bekerja sama antara pemerintah dan komunitas instagram perlu ditingkatakan. Promosi pariwisata Aceh singkil melalui instagram adalah ide cemerlang untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Aceh Singkil yang masih dibawah rata-rata. . Penerapan strategi promosi ini diharapkan dapat dilaksanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan ekonomi daerah, mengurangi kemiskinan dan pengangguran, serta merangsang  inovasi, kreativitas dan berpengaruh pada kaum muda di Indonesia, khususnya Aceh Singkil.


Daftar Pustaka

Serambi. 2014. Opini 2014 : Mendorong Industri Kreatif. http://aceh.tribunnews.com/2014/02/17/mendorong-industri-kreatif. Diakses tanggal 29 Maret 2017

Irbah, H., Y.R. Putri dan D.S. Fithrah. 2010. Strategi Komunikasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Band Indie Mustache And Beard. Jurnal Eproc : 2.

Dinas Pariwisata dan Olahraga Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil. 2012. Aceh Singkil Dalam Angka : 271 .

AJNNNet. 2016. Portal Berita : Pemkab Aceh Singkil Dilupa Tuding Potensi Daerah. https://www.ajnn.net/news/pemkab-aceh-singkil-dituding-lupa-potensi-daerah/index.html. Diakses tanggal : 31 Maret 2017 



PERHATIAN KEPADA PARA PEMBACA BAHWA TULISAN INI HANYA BISA DIJADIKAN REFERENSI DAN RUJUKAN DAN JANGAN DIJADIKAN BAHAN PLAGIAT DALAM TULISAN ANDA. BERKARYALAH DENGAN BIJAK!!!!!

Tulisan ini merupakan hasil dari:
Karya Tulis Essay Juara 1 Kompetisi HUT 9 GenSikureung Agroteknologi USK 
Tahun 2017

TEMA UMUM: EKONOMI KREATIF DAN EKONOMI MANDIRI
TEMA KHUSUS: PEMBANGUNAN EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENJAWAB PEMBANGUNAN ACEH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar